SEMPU BAK *MOG

Awan Stratus masih membayangi langit di pagi ini. Pukul 04.30 WIB panitia dan peserta sudah berkumpul di depan gedung Pasca Sarjana Universitas Kanjuruhan Malang. Dengan mengenakan Pakaian Dinas (PD) menambah kegagahan panitia. Peserta-pun nampak bersih dengan kaos putih yang dikenakanya. Ada 9 peserta yang mengikuti pemantapan ini, 12 panitia dan didampingi 4 orang senior . Ini adalah acara Pemantan ABR menjadi AM yang dilaksanakan pada tanggal 6-8 April 2012.

Dari kejauhan nampaklah truk berwarna kuning menghampiri kami. Bagaikan semut menghampiri gula, kami-pun segera bergegas mendekat dan melompat ke dalam truk untuk mencari tempat duduk yang nyaman.

“Tak selamnya mendung itu kelabu, nyatanya..hari ini kulihat…. ” syair lagu itu masih kuingat hingga saat ini. Suasana seperti itu tidak tergambar sama sekali dalam perjalanan kami ke Sendang Biru ( Sempu). Opera ringan bak OVJ (red) menghiasi perjalanan ini.

Kami tiba di Sendang Biru sekitar pukul 08.00 WIB, kami beristirahat di KUD (Koperasi Unit Desa) di dekat TPI (Tempat Pelelangan Ikan). Roti dan susu kotak sudah kami persiapkan sebagai sarapan di hari ini. Setelah beberapa menit berlalu, panitia segera mengkondisikan peserta untuk segera hunting Jurnalistik dan Fotografi.

Sekitar pukul 12.30 WIB, tepatnya setelah sholat Jum’at , kami segera berjalan menuju TPI untuk menyeberang ke pulau Segoro Anakan. Ditemani dengan 2 perahu milik Bapak Sumitro penyebrangan kali ini cukup menyenagkan , tapi sayang sekali pantainya lagi surut. Jadi hanya sesaat kami di atas perahu.dan harus berjalan kaki sekitar 2 jam dari teluk semut menuju Segoro Anakan.

Diawali dengan do’a bersama perjalan menuju Segoro Anakan kami mulai. Ada 3 panitia yang berangkat terlebih dahulu. Disusul oleh kelompok 3, kelompok 2 dan yang terakhir kelompok 1. Wow…sungguh menyenangkan perjalanan kali ini, jalanya tidak becek lumayan kering, sehingga perjalananya relative singkat. Kami sampai di Segoro Anakan sekitar pukul 16.30 WIB. Huufff..Sempu ramai banget..lebih dari 25 tenda dome ada di sana. Untungnya kami masih mendapatkan tempat ditengah yang sangat strategis. Kami segera mendirikan tenda dome sebanyak 7 tenda. Selamat datang Sempu. Acara demi acara untuk hari-1 ini sudah berjalan sesuai dengan jadwal.

Hari ke-2 kita akan ke sumber, dimana kita akan melakukan prosesi pemantapan. Selama perjalanan ke sana, ada 4 pos yg sudah kita siapkan untuk mengasah ketajaman dan kekompakan peserta. Ada Rally Foto, Games Puzzle, Pengenalan Diri ,dll.

Cuaca benar- benar panas. Fatamorgana menghiasi perjalan kami. Di dekat sumber, di pantai panjang ( Long Beach ) ada pos pendinginan. Disini peserta akan diberikan motivasi dari senior untuk lebih memahami tentang Jurnalistik Fotografi dan juga ber-organisasi yang baik. Senandung angin yang berhembus , pasir –pasir kecil yang membuat kaki geli seolah menjadi saksi pendinginan ini.

Setelah rangkaian pos selesai, kami semua segera beranjak menuju sumber (air tawar). Sekitar 50 m dari pos pendinginan. Panitia dan senior sudah menempati posisi masing masing. Keakraban nyamuk juga turut menyambut kedatangan kita ngiiiiiiiiiiiiing saling bersaut sautan di telinga. Bahkan sampai menancapkan ujung runcingnya ke kulit kami. Haduuuh sakit dan gatal rasanya.

Satu per satu peserta datang sambil merayap. Kaos putih berubah menjadi coklat kotor dan basah. Mereka dimantapkan oleh Direktur serta mengucapkan janji kepada HMJF dengan mencium bendera. Suasana mulai hening, tatkala DPO dan Pembina menyampaikan sambutanya. Diakhir prosesi, kita menyanyikan lagu Indonesia Raya sebagai bentuk patriotisme kepada ibu pertiwi. Diteruskan dengan Mars HMJF. Suasana –pun kembali mencair. Riuh tawa mewarnai jabatan tangan peserta kepada panitia sebagai ucapan selamat dan simbol telah berakhirnya prosesi pemantapan ini.

Sekarang sudah pukul 15.00 WIB. Kami segera berbenah diri. Ada yang mandi, cuci muka, gosok gigi, dan ada yang hanya tersenyum dari kejauahan karena malas badanya terkena air. Huuuuh segar sekali air sumber ini.

Setalah semua selsesai, Kami segera kembali ke tenda. Sesampainya ditenda, wow sesuatu telah terjadi. Hahahaha terop tepal beserta beberapa tenda roboh tersapu angin. Sungguh diluar dugaan. Kami-pun segera berbenah, dan tenda-pun kembali kokoh.

Sabtu malam waktunya kita sharing untuk evaluasi peserta dan panitia. Kami duduk melingkar diatas matras dan terpal yang sudah tersdia. Acara berakhir hingga pukul satu dini hari. Namun demikian, setelah berakhirnya acara tersebut, Direktur meminta semua panitia dan senior berkumpul karena ada hal yang harus disampaikan. Sharing ini-pun berakihir sekitar pukul dua dini hari.

Hari ke-3 kami having fun. Ada yang hunting, memasak, bersih – bersih, berenang, hingga berjemur di pinggir pantai. Sekitar pukul 10 siang ada pembacaan ikrar oleh peserta di dekat pantai. Suasanaya sangat menyenangkan sekali.

Ayo, ayo pulang..teriak sie.giat… berenang kami akhiri. Kami segera berbenah bersama. Sekitar pukul 13.00 WIB kami foto bersama sebagai dokumentasi terakhir. Kami-pun segera kembali ke Sendang Biru . Sesampainya di Sendang Biru kami mandi , makan, dan minum kopi jahe…heemmm nikmat. 18.00 WIB kami kembali ke Malang dengan truk kuning lagi..Sayonara Sempu, tunggu kedatangan kami berikutnya ya ^^ (yuniratnawati_hmjf)
*MOG : Malang Olimpic Garden (Mall terbesar di Malang)

About the Author: hmjfunikama

HMJF merupakan salah satu UKM yang ada di Universitas Kanjuruhan Malang. Berdiri sejak 10 Juni 1989. HMJF berkecimpung dibidang Fotografi dan Jurnalistik. Sebuah tempat untuk membentuk karkater, kepribadian dan pengembangan bakat, minat, serta kreativitas.